SELAMAT DATANG DI TUNAS CENDEKIA!

Kami menerima pendaftaran siswa baru untuk jenjang Ibtidaiyah (Fullday School), Tsanawiyah (Boarding School) dan Aliyah (Boarding School)

Minggu, 30 Mei 2010

PROGRAM UNGGULAN

1. Bimbingan Riyadhoh
Bimbingan riyadhoh dilaksanakan setiap hari melalui kegiatan shalat wajib berjamaah, sholat dhuha, dzikir ba’da shalat, puasa wajib, puasa sunnah pada momen tertentu, shalat malam dan dzikir malam hari untuk yang mondok.

2. Pengajaran Al Qur'an dan Kitab Kuning

Pengajaran Al Qur’an dan Kitab Kuning dilaksanakan pada jadwal yang telah ditetapkan (yaitu pada Mata Pelajaran Kepesantrenan), diampu oleh Ustadz/Ustadzah yang memang kompeten dalam mengajarkan Al Qur’an dan Kitab Kuning, dengan metode yang inovatif hasil rancangan guru Madrasah Terpadu Tunas Cendekia, dan memanfaatkan teknologi multimedia.

3. Pengajaran Bahasa Inggris dan Arab
Pengajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, selain mengambil pada waktu pada jam pembelajaran reguler sesuai jadwal yang telah ditetapkan, juga dilaksanakan melalui berbagai kegiatan tambahan: Klub Percakapan, Parade Pidato, Pembacaan Dongeng, Membuat Sinopsis Buku, dan Latihan Menulis. Teknologi multimedia juga harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendukung pengajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Arab ini.

4. Pengembangan Bakat Olahraga dan Seni
Pengembangan Bakat Olahraga dan Seni selain dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler.
Pihak madrasah secara reguler, minimal 3 bulan sekali memfasilitasi momen berekspresi: lomba, panggung seni, dan semacamnya.

5. Kegiatan Live In (Hidup Bersama Komunitas)dan Perkemahan
Kegiatan Live In (Hidup Bersama Komunitas) dilakukan secara reguler, minimal setiap akhir semester, dan dilaksanakan oleh siswa untuk seluruh jenjang, dengan modifikasi kegiatan sesuai taraf pertumbuhkembangan kognitif dan psikologis siswa. Sebagai variasi menu dalam penumbuhan kemandirian dan pengasahan rasa kepedulian sosial, secara reguler juga diselenggarakan Perkemahan Siswa.

6. Pengembangan Kemandirian dan Vocational Skills
Pada jenjang MI dan MTs, pengembangan kemandirian dan keterampilan vokasional dilakukan melalui pengenalan berbagai profesi yang ada dan bisa menjadi pilihan siswa di masa depan, serta melalui pelatihan keterampilan hidup berbasis rumah tangga (bercocok tanam, memelihara hewan, menjahit, memasak, dan lainnya) ;
Pada jenjang MA, pengembangan kemandirian dan keterampilan vokasional dilakukan melalui pelatihan keterampilan yang berpotensi memberikan penghasilan (produksi kerajinan, menulis, percetakan, menjahit, dll).

7. Orang Tuaku Guruku
Sebagai sarana untuk memperkaya khazanah pengalaman siswa, merekatkan siswa dengan orang tuanya sendiri atau orang tua sesama siswa, sekaligus untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh orang tua siswa, diselenggarakan kegiatan talkshow yang menghadirkan orang tua siswa sebagai pembicara, dengan frekuensi minimal 1 bulan sekali.

8. Pembelajaran Pembangunan
Untuk membantu para siswa mengenal daerahnya sekaligus memahami dinamika pembangunan daerah, dilaksanakan pembelajaran pembangunan melalui kegiatan riset individu/kelompok berbentuk observasi, wawancara, studi literatur, dan Wisata Pendidikan, dalam bentuk kunjungan kepada tempat tertentu yang mencerminkan salah satu dinamika pembangunan daerah, dengan didamping oleh pemandu profesional. Kegiatan minimal dilaksanakan 1 bulan sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT

Kampus Kyai Mochtar, Jl. Kyai Jatira No. 02 Desa Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Contact Person: Setyo HD (085659846447), Masrur (081313337222)